Gunung Papandayan Cocok untuk Hiker Pemula

Gunung Papandayan Cocok untuk Hiker Pemula. Seperti saya yang belum banyak pengalaman mendaki. Apalagi pengetahuan dan keterampilan khusus tentang mendaki, bisa dibiliang NOL. Untuk itu, kali ini saya coba berbagi sekilas gambaran pendakian Gunung Papandayan. Siap?

Bagi Anda yang tinggal di sekitaran JABODETABEK dan Jawa Barat yang berencana mendaki gunung untuk pertama kalinya, Gunung Papandayan bisa jadi pilihan tepat. Gunung Papandayan berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan (mdpl).

Mendaki Gunung Papandayan, Keindahan Gunung Papandayan

Mengapa Papandayan Cocok untuk Pemula?

  • Jalur Pendakian Gunung Papandayan Terhitung Ringan

Ya, jalur pendakian Gunung Papandayan tidak terlalu panjang. Untuk sampai ke area camping ground itu tidak memakan waktu yang lama.Β Selain medannya yang cenderung landai, pendaki juga mudah mendapatkan air yang berasal dari mata air Gunung Papandayan. Pendaki bisa mengisi air dari titik-titik persediaan air bersih yang terus mengalir. Selain itu ada tiga alasan lainnya mengapa gunung ini cocok untuk pendaki pemula.

  • Kemudahan Mendapatkan Bahan Makanan

Ketika mendaki gunung, tentu para pendaki memerlukan perbekalan untuk makan. Nah ketika ingin mendaki Gunung Papandayan, pendaki bisa membeli bahan makanan di Pasar Cisurupan. Bisa juga mendapatkannya di toserba dekat pasar. Tersedia pula beberapa warung kecil sepanjang jalur pendakian yang menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie instan, kopi, teh, dan juga gorengan. Begitu pula di area camping ground utama.

  • Ketersediaan Toliet di Jalur Pendakian dan Camping Ground

Urusan “buang hajat” bisa menjadi hambatan untuk mendaki gunung. Pendaki perlu mencari titik-titik di balik semak-semak yang tak pernah dilewati orang maupun menggali tanah saat “buang hajat”. Nah, di Gunung Papandayan, terdapat toilet-toilet yang bisa memudahkan pendaki pemula untuk urusan “buang hajat”. Pendaki bisa “buang hajat” dengan biaya Rp 2.000 untuk biaya perawatan toilet tersebut. Toilet-toilet tersebut ada di beberapa titik jalur pendakian dan juga di sekitaran camping ground.

  • Tak Perlu Bawa Beban Berat

Ransel untuk mendaki gunung biasanya penuh dan terasa berat. Selain bawa peralatan camping, biasanya juga berisi air mineral berbotol-botol dan perbekalan makan. Sementara untuk mendaki Gunung Papandayan, Anda tak perlu membawa beban berat seperti air mineral. Anda bisa mendapatkannya di warung-warung yang berada di atas gunung. Air mineral bisa Anda dapatkan di warung-warung dengan harga mulai dari Rp 5.000 – Rp 10.000.

  • Bisa Makan Tanpa Perlu Masak

Bagi hiker (pendaki) pemula, urusan memasak bisa jadi membingungkan. Ingin makan apa, bawa apa, memasaknya bagaimana adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul. Nggak perlu bingung, lagi-lagi di Gunung Papandayan, pendaki bisa mendapatkan makanan di warung-warung yang ada di atas gunung. Anda bisa menemukan beberapa jenis makanan di sana seperti gorengan, mie instan, bakso, atau nasi goreng. Ajib, kan? πŸ˜€

Peluang Bisnis ABE, Bisnis Online Terbaik, Bisnis Online Praktis, Bisnis Online Otomatis

Jalur Pendakian Gunung Papandayan

Jalur pendakian Pendakian dimulai dari titik awal pendakian yakni di Camp David. Camp David disebut juga Pos 1 oleh pendaki setelah dilakukan pengecekan kelengkapan administrasi oleh relawan-relawan dari sekitar Gunung Papandayan. Dari Pos Camp David, pendakian akan dimulai dengan medan dengan batuan belerang dan beku. Sekitar lima menit melewati medan yang berbatu dan di kanan kiri pepohonan, pendaki akan langsung memasuki medan yang terbuka dan bisa melihat aktivitas kawah-kawah Gunung Papandayan. Perjalanan menuju titik peristirahatan di Pos Puncak Kawah akan menempuh sekitar 30 menit di tengah medan yang tak terlindungi oleh pepohonan.

Area Perkemahan Gunung Papandayan

Anda mau berkemah di mana? Biasanya, para pendaki berkemah di Pos Pondok Salada. Pos Pondok Salada menjadi tempat berkemah karena lahan luas yang bisa menampung hingga ratusan tenda. Namun jika Pos Pondok Salada telah penuh, Area sekitar Pos Gubber Hood bisa menjadi pilihan.

Motor pun Bisa Mendaki Gunung Papandayan

Ngga mau tertatih-tatih bawa bebean berat dalam pendakian? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa ojek warga sekitar.Β  Tukang Ojek dengan motor yang telah dimodifikasi sesuai medan pendakian, dapat menolong Anda. Jadi, Anda bisa mendaki santai tanpa bawa beban. Termasuk beban pikiran soal “mantan” πŸ˜€

Panorama Indah Gunung Papandayan

Mulai dari awal hingga puncak pendakian, Anda akan disuguhi panorama yang memanjakan mata. Hati dan pikiran Anda pun pasti akan terkesima saat mata memandangnya. Asyik banget dah, pokoknya..!!!

Baik, itulah sekilas gambaran Pendakian Gunung Papandayan. Semoga bermanfaat dan membuat Anda tambah bersemangat untuk memulai petualangan..!!! πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *